Selamat Datang !



Selamat Datang di Blog Kami



Kamis, 02 September 2010

Kerokan dapat mengobati masuk angin ?

Apakah Kerokan dapat mengobati masuk angin ?
Seringkali dijumpai dalam masyarakat (terutama etnis Jawa), jika merasa masuk angin (kurang enak badan) maka yang dilakukannya adalah kerokan. Kerokan adalah metode pengobatan alternatif tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit seperti masuk angin dan sejenisnya . Biasanya memanfaatkan alat berupa coin (uang seratusan atau yang sejenis) dan minyak/ balsem (terkadang memakai bawang merah) yang dioleskan untuk dikerokkan di tubuh kita. Jika sudah merah, menandakan bahwa orang yang sakit masuk angin. Benarkah demikian ?


Sebenarnya kerokan analog dengan pijat, namun kerokan sifatnya lebih traumatis terhadap permukaan kulit tubuh. Pijatpun bila salah melakukannya juga bisa menyebabkan trauma pada katub-katub pembuluh darah (vena) dibawah kulit atau pada organ dalam perut.
Kerokan efek terapinya lebih pada kebiasaan (habituasi) dan besifat sugesty belaka. Habituasi disini analog dengan perokok, orang yang biasa merokok yang mengaku tidak bisa berfikir tanpa merokok. Sedangkan sugesty seringkali memang cukup manjur sekalipun tidak rasional secara mekanisme therapy, karena dengan sugesty seseorang akan termotivasi untuk sembuh dari keluhan sakitnya.
Sudah pasti kerokan akan merusak permukaan kulit tubuh kita, namun tidak terlalu parah karena trauma gesekan yang dilakukan secara perlahan dan teratur. Kemerahan pada kulit terjadi karena pelebaran kapiler darah kulit atau bahkan perdarahan di bawah kulit (yang berubah menjadi kehitaman esoknya). Dan Alhamdulillah kita dikaruniai kulit yang memang mudah beradaptasi terhadap trauma dan kemampuan regenerasi yang demikian canggih dan cepat.
Keluhan masuk angin tidak dikenal dalam istilah kedokteran. Biasanya seorang dokter akan memperjelas dengan menanyakan kepada pasiennya yang mengeluh masuk angin, apakah yang dimaksud itu perut kembung, bunyi krucuk-2 seperti ketika terlambat diisi atau rasa nyeri / pegel pada otot tubuh kita seperti ketika mau kena flu ?
Dari penjelasan diatas, anda dapat menarik kesimpulan sendiri dan menghubungkan sendiri pertanyaan dengan penjelasan diatas

Comments :

5 komentar to “Kerokan dapat mengobati masuk angin ?”

lumayan... kerokan mang bisa nyembuhin masuk angin

Anonim mengatakan...
on 

Setuju.....

Ruri mengatakan...
on 

aslee, bner bnget!

kartun mengatakan...
on 

I am excited with the valuable answers that are in your expert articles.I will also bookmark your blog and check out everynew day. I imagine I can learn a lot from them!

Versi On The Spot mengatakan...
on 

Thanks for the publish. My spouse and i have constantly seen that most people are wanting to lose weight because they wish to appear slim along with attractive. Nevertheless, they do not always realize that there are other benefits just for losing weight also. Doctors state that overweight people experience a variety of ailments that can be directly attributed to the excess weight. The great news is that people who're overweight along with suffering from numerous diseases can help to eliminate the severity of the illnesses by simply losing weight. You'll be able to see a progressive but noted improvement with health while even a bit of a amount of fat reduction is accomplished.

US News mengatakan...
on 

Posting Komentar